Biaya Hidup di Metro Manila

Tulisan gue kali ini akan membahas tentang biaya hidup di Metro Manila, semoga bisa membantu memberikan gambaran buat temen-temen yang lagi nego gaji atau yang berencana pindah ke Metro Manila. Tentunya perkiraan biaya hidup ini di buat general, teman-teman bisa menyesuaikan dengan gaya hidup masing-masing.

Sebelum nya gue mau jelasin dulu nih apa bedanya Metro Manila sama Manila. Jadi Metro Manila itu sebutan untuk kumpulan kota-kota yang salah satunya Manila. Kalau di Indonesia kaya DKI Jakarta yang isinya Jakarta Selatan, Utara, Pusat, Timur, dan Jakarta Barat. Bedanya kalau DKI Jakarta punya gubernur, nah Metro Manila gak ada gubernurnya, hanya ada walikota di tiap-tiap kota. Gue sendiri tinggal di Taguig City yang masuk juga dalam area Metro Manila.

Jadi udah paham kan bedanya apa, bisanya biar cepet, gue juga selalu bilang tinggal di Manila, padahal aslinya tinggal di Taguig City bukan Manila City hihi.

Oke langsung ke biaya hidup, disini gue coba bagi ke katagori tempat tinggal, makan, pulsa, transportasi, dan entertainment.

  1. Tempat tinggal

Di Metro Manila, umumnya orang-orang yang kerja menyewa semacam apartment/condominium. Harga sewa tentu berdasarkan tipe (luas) dan juga lokasi. Untuk gambaran sewa satu kamar + dapur + mandi di daerah Quezon City berkisar 10.000-15.000 pesos belum termasuk listrik dan air. Listrik dan air sendiri cukup mahal juga, per-bulan gue bayar sekitar 2000 pesos

  1. Makan

Untuk biaya makan, harga makanan disini hampir sama dengan di Jakarta. 100-200 pesos/satu kali makan untuk ukuran fast food. Sebenernya disini juga ada karendaria (semacam warteg) dengan harga lebih murah, hanya agak sulit membedakan yang mana yang halal dan haram haha.

  1. Pulsa/Internet

Kalau dibandingkan dengan di Indonesia, internet disini cukup mahal. Untuk dapat akses paket data itu sekitar 300rb/bulan.

  1. Transportasi

Metro manila sebagai kota dengan salah satu penduduk terpadat didunia, punya beberapa alternative transportasi.

  • MRT-LRT, yang menghubungkan wilayah selatan dan utara, menjangkau kota-kota area metro manila. Sama kayak di Jakarta, harganya juga cukup terjangkan. Sekitar 13-20 pesos untuk satu kali perjalanan. Menurut gue ini yang paling ekonomis dan efisien karena gak macet, tapi kalau lagi rush hour, brutalnya sama kaya KRL di Jakarta.
  • BIS kota, menghubungkan antar kota di metro manila, ongkosnya 12-25 pesos sekali jalan tergantung jarak
  • Jeepney (semacam angkot tapi nyentrik) ongkos nya 8 pesos
  • Tricycle (kaya bentor) 10 pesos
  • UV Express, menghubungkan antar kota harganya 45 pesos
  1. Entertaiment

FYI disini VAT 12% yang mana ngaruh ke harga-harga macem makanan dan tiket bioskop, jadi agak mahal, tiket nonton disini 280-320 pesos di hari biasa.

  1. Uber

Tarif uber disini lebih mahal disbanding uber di Jakarta dan jarang banget ada promo, mungkin juga karena harga bensin disini lebih mahal.

Hal lain yang perlu tahu juga, pajak penghasilan disini gede banget, sekitar 30% huhu berasa dirampok rasanya….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s