Ini emang bukan kali pertama gue merayakan lebaran ngga bareng keluarga di kampung halaman. Lebaran tahun 2014, gue merayakan disebuah desa di Lampung bersama keluarga angkat saat mengikuti program Indonesia Mengajar. Gue emang sangat penasaran bagaimana warga desa tempat gue tinggal merayakan lebaran. Jadinya gue memutuskan untuk ngga pulang ke kampung halaman.

Sekarang, gue juga penasaran gimana rasanya lebaran jauh dari keluarga di negeri orang yang mana gue juga gak banyak punya temen disini dan orang-orang sini pun ngga merayakannya. Awalnya hanya iseng aja, ternyata rasanya sedih juga sih. Lebaran kaya ngga lebaran. Gak ada suara takbir, gak ada tuh kue-kue khas lebaran atau santapan lainnya yang biasa dimakan bareng keluarga saat lebaran.

Sepi, iya dari rasa sepi ini bikin gue banyak berefleksi. Ternyata, keberadaan orang-orang di sekeliling kita, lebih kita butuhkan saat kita merasa senang dan ingin membagi kesenangan kita dengan mereka.

Beruntungnya, ada temen-temen dari Indonesia juga yang sama ngga pulang dan memilih merayakan disini. Gue undang lah mereka ke unit gue untuk sama-sama merayakan lebaran dan sholat Ied bareng di KBRI Manila. Thanks to KBRI manila yang menyediakan kudapan khas lebaran pelepas rindu. Rasanya lihat tempe itu kaya lihat Hamish Daud handukan doang depan mata haha.

Kita juga ngadain open house buat temen-temen kita disini, sekalian makan opor ayam bareng. Temen yang dateng bukan cuma dari Indonesia, ada juga temen-nya temen dari Srilanka, dan Thailand. Mereka senang banget karena ini jadi lebaran pertama mereka seumur hidup.

Kalau masih dikasih umur untuk lebaran lagi tahun depan, kira-kita bakal lebaran dimana ya? Note : Jangan tanya sama siapa.

 

 

 

 

D5C912E5-90D4-4325-904E-968A2B260675
Orang-orang yang rindu kampung halaman

 

Leave a Reply

