Hallo…

Masih ingat saya?

Saya yang berjanji akan terus menulis, tapi malah lebih sering main facebook dan posting photo di Instagram. Ampun jangan kutuk saya, kan namanya juga manusia, hanya bisa berencana, iya rencana doang hihi

Sekarang saya ingin menulis tentang tahapan seleksi untuk Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang saya ikuti tahun ini. Berhubung tiba-tiba ada yang menghubungi via Instagram dan bertanya tentang program ini, saya pikir akan lebih baik kalau dtulis sekalian, jadi kalau ada yang tanya lagi tinggal kasih deh link nya. Saya memang pemalas. Anyway, semoga tulisan nya bermanfaat dan berkah… Cekidot..!!

Jadi sebelum baca tulisan saya, please banget sebelumnya baca dulu tentang PPAN ya, karena saya gak akan jelasin apa itu PPAN, silahkan googling sendiri ya.

Berawal semasa tingkat 2 kuliah, di kampus saya ada sosialisasi tentang program PPAN, bermodal penasaran dan gak ada kerjaan, saya pun memutuskan untuk datang. Singkat certa, sepulang dari acara sosialisasi saya langsung cari tahu tentang seleksi untuk di Jawa Barat karena bisa jadi seleksi di setiap provinsi itu berbeda (berhubung kampus di Jawa Tengah, jadi ikut sosialisasi untuk Jawa Tengah). Saya akhirnya mendaftar, dan di tolak. Kejadian ini berulang di tahun berikutnya.

Waktu berlalu sampe saya lulus kuliah, gabung di IM setahun, selesai tugas dan bekerja di Jakarta. Tiba-tiba di bulan Maret dapet lagi tuh broadcast di WA tentang program PPAN ini, kebetulan ada beberapa teman di grup itu yang juga alumni. Lagi-lagi berbekal penasaran saya pun mendaftar.

Seleksi tahun 2016 agak berbeda dengan seleksi tahun-tahun sebelumnya di mana saya pernah ikut daftar. Di tahun ini seluruh pemuda yang akan ikut harus mengikui seleksi di tingkat kabupaten, yang lolos di kabupaten, barulah akan diikutkan seleksi provinsi.

Berbekal cuti sehari dari kantor, saya pulang ke Majalengka, lalu mendatangi Dinas Pemuda dan Olahraga yang sebelumnya sudah saya telpon untuk menanyakan perihal seleksi. Sampai di dinas ternyata di kabupaten saya belum ada yang daftar. Ini udah 3 hari lagi mau penutupan dan belum ada yang daftar! Karena gak ada yang daftar selain saya, dan memang dinas disini tdak mengadakan seleksi (jadi sistem nya yang daftar akan langsung masuk untuk seleksi provinsi) antara seneng dan miris sih. Saya gak akan bahas proses kerumitan berhadapan dengan birokrasi ini ya. You have to try by your self! Sabar aja sama banyakin doa.

Dua minggu setelah saya dapat surat rekomendasi (semacem golden ticket) dari kabupaten, saya di undang untuk mengikuti seleksi di provinsi. Sebelumnya saya harus mengisi formulir (semacam pertanyaan dengan jawaban essay pendek) dan membuat merekam video tentang keseian, bakat yang kita kuasai untuk di kumpulkan saat registrasi.

Seleksi II ini dilaksanakan di Dinas Pemuda Olahraga Jawa Barat. Seleksi mulai dari wawancara, pengetahuan umum, seleksi tertulis dan presentasi untuk Post Program Activity, sebelumnya kita dimintta membuat proposal sebuah kegiatan yang akan dilakukan jika terpilih dan dipresentasikan saat seleksi II.

Semua berjalan mulus, saya lolos ke Seleksi tahap III, hanya sekitar 50 orang yang terpilih mengikuti seleksi ini. Tahap III dilaksanakan di hotel di Bandung, seluruh peserta akan menginap untuk mengikuti seluruh rangkaian seleksi selama hampir 3 hari. Tenang hotelnya dibayarin dinas kok.

Di tahap ini semua makin kelihatan, yang jago bahasa inggris, yang jago seni, yang pinter banget, yang oke banget, dan saya yang merasa biasa aja tapi tetep pede aja..hehe. Selama hampir 3 hari peserta di uji di berbagai bidang mulai dari test tertulis bahasa inggris, FGD, interview, presentasi Post Program Activity, dan unjuk bakat langsung dihadapan dewan juri. Ala-ala Indonesia Got Talent!

Kagum dan minder sih melihat kemampuan teman-teman, lagi-lagi saya yang gak bakat seni dan persiapan yang seadanya dengan bahasa inggris yang ngepas banget dan tidak punya ekspektasi apa-apa, dapat ya Alhamdulilah, kalau nda terpilih berarti bukan rezeki.

Pengumuman peserta terpilih yang akan mewakili Jawa Barat di umumkan di hari terakhir, 6 orang dari Jawa Barat termasuk saya.

Terkahir pesan sponsor nih:

Buat yang mau daftar PPAN, jangan ragu dan minder kalau ngga punya bakat seni atau bahasa inggris pas-pasan. You should try, because Nothing Impossible. Selamat berjuang!

*Cerita tentang program rencananya akan saya tulis kemudian. Ini hanya rencana loh ya…

*Tambahan bonus photo

1460707674561
*setelah unjuk bakat di seleksi tahap III

Leave a Reply

