SWOT vs TOWS

Pendekatan SWOT adalah paradigma yang mengedepankan faktor internal terlebih dahulu ketimbang factor eksternal. Sementara pendekatan TOWS, justru lebih melihat ke eksternal terlebih dahulu ketimbang internal. Mengapa demikian? Karena dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang kondisi eksternal, maka internal dapat berbenah diri sesegera mungkin untuk melakukan matching strategy agar output strategi tidak terlampau berbeda dengan rencana bisnis.
Pada SWOT, Daftar S (strength)-nya bisa sangat panjang karena ”mengenang” kejayaan masa lalu. W (weak)-nya tidak banyak karena ”bias” pada pandangan ke belakang. Apalagi kalau ada agency problem! Artinya, manajer yang sekarang ”takut” disalahkan kalau menulis S-nya sedikit dan W-nya banyak! Padahal, S dan W yang present atau past oriented itu tidak akan relevan untuk masa depan.
Sedangkan dalam TOWS kita mulai dengan identifikasi t (threat) dan O (opportunities), otomatis akan ”terpaksa” berorientasi pada masa depan. Apalagi kalau dimulai dengan threat, otomatis orang mulai ”mikir”. Begitu juga Opportunities, “TO” itu harus di- “fit”-kan dengan SW dari company-nya. Jadi, TO itu bukan hanya external seperti banyak disangka orang.

sekian..semoga bermanfaat..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s