IMC (Integrated Marketing Comunication)

Apa itu IMC?
Integrated Marketing Communication menurut definisi The American Association of Advertising Agencies adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang memberikan nilai tambah pada strategi komunikasi yang melibatkan kegiatan sales promotion, periklanan, public relations, direct response yang dipadukan untuk menghasilkan dampak komunikasi yang berarti. Intinya perusahaan itu berusaha untuk mengkoordinasi dan memadukan saluaran-saluran komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan yang diterima secara jelas, konsisten dan berpengaruh kuat tentang organisasi/perusahaan dan produknya.

IMC tidak cocok dengan perusahaan yang masih tadisional yang memiliki struktur vertical, dimana top managemen menjadi sangat dominan. Sebaliknya IMC itu bisa di terapkan di perusahaan yang horizontal, artinya yang menjadi central bukan top manajemen, tapi konsumen yang jaman sekarang ingin dilibatkan atau didengar oleh produsen, dimana top management mampu untuk mendorong divisi-divisi di perusahaannya untuk bekerjasama dan berkomunikasi sehingga mampu melihat dengan jelas kepentingan dari para konsumen atau pelanggan nya.
Kenapa ada IMC?
1. Merek yang kuat dan citra yang baik tentu menjadi tujuan para pebisnis. Nah IMC inilah yang digunakan untuk membagun citra merek dimana melalui IMC, konsumen itu mempunyai hubungan yang cukup erat dengan merk perusahaan kita.
2. Teknologi yang sudah berkembang pesat. Untuk melakukan promosi jaman sekarang tentu tidak hanya lewat media-media konvensional, tapi sekarang sudah ada teknologi-teknologi yang memungkinkan untuk mengkomunikasikan suatu produk misalnya melalui sms, internet, call center dll. Sehingga sangat di perlukan komunikasi yang terintegrasi dengan baik.
3. Jarak dan waktu sudah tak lagi menjadi halangan atau disebut juga Globalisasi. Misalnya saja lewat media internet, komunikasi yang kita sampaikan bisa di akses tak terbatas ke seluruh negara.
Kesimpulannya: komunikasi yang terintegrasi dengan baik bukan hanya untuk menjaring konsumen-konsumen baru, tapi juga untuk membina hubungan baik dengan konsumen lama untuk jangka panjang, sehingga tercipta merk yang kuat dan citra yang bagus.

sekian..semoga bermanfaat..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s