3 Pasar Potensial di Era NEW WAVE (Youth, Woman, Netizen)

YOUTH, WOMAN DAN NETIZEN

Di era legancy marketing, ada istilah segmentasi, targeting dan positioning. Namun di era new wave marketing yang semuanya bersifat horizontal sistemnya adalah merangkul influencer (orang yang berpengaruh) dan membiarkan mereka mempengaruhi yang lain untuk memilih produk kita.
Hermawan Kartajaya mengkategorikan tiga pasar yang mempunyai pengaruh besar yaitu Youth, Woman dan Netizen, ketiga kategori tersebut secara otomatis akan mempengaruhi kategori lainnya yaitu, senior, Men dan Citizen.
Youth
Youth adalah kaum muda usia sekitar 14-35 tahun, yang kita tahu jumlahnya sangat besar. Youth cenderung berani dan lebih terbuka terhadap ide-ide baru yang muncul. Di era new wave, kaum muda menjadi lebih dominan di banding kaum tua (senior). Oleh karenanya kaum muda akan dengan mudah mempengaruhi kaum tua yang cenderung tertutup dan cenderung berpikir lambat. Kalo boleh di bilang jaman sekarang orang tua yang ngikut anaknya. Contonya dalam memilih hape atau alat elektronik lainnya, kaum tua biasanya akan meminta pedapat kaum muda yang memang pengetahuan terhadap suatu produknya lebih besar.
Woman
Selain sifat wanita yang cenderung ingin selalu belanja, jumlah wanita pun lebih besar di bandingkan laki-laki. Bahkan hampir 80% wanita memegang peranan penting dalam mengatur keuangan rumah tangga. Wanita yang lebih leluasa untuk memutuskan barang atau jasa mana yang akan di pakai. Maka sangat penting sekali untuk suatu merek mempunyai kepercayaan dan citra baik di mata wanita yang sifatnya cenderung sosialita di banding kaum Laki-Laki (Men)
Netizen
Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat pengaruh para netizen tidak bisa di abaikan begitu saja. Memang sekarang ini di Indonesia pengguna internet masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk negara Indonesia. Tapi seperti kita ketahui, perkembangan internet iru tidak terduga, dan di prediksi perkembangannya akan jauh lebih pesat disbanding sebelumnya.
Netizen atau orang-orang yang aktif di dunia online merupakan pasar yang sangat potensial, mereka yang berkomunikasi satu dengan yang lainnya, saling merekomendasikan satu dengan yang lainnnya baik melalui media social maupun forum-forum yang ada. Adalah hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan untuk bisa menyatu dengan mereka, mendengar aspirasi-aspirasi mereka yang tidak terbatas sehingga tercipta image yang baik untuk brand perusahaan tersebut.

sekian…semoga bermanfaat..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s