ADAB menjadi anak kost

beberapa bulan lalu gue sempet bikin tulisan yang kek gini nih di kosan…

tulisan itu gue taro di tembok koridor kost an gue, sebenernya masih ada lagi tulisan2 serupa cuma ga gue uplod. Di balik peraturan seperti itu yang menurut gue bisa dikatakan formal, di lingkungan kosan juga banyak peraturan informal yang mesti kalian tau sebagai anak kost. disini gue mau sedikit curhat aja sekalian berbagi pengalaman jadi anak kost…
sekitar hampir 2 tahun, pas pertama gue kuliah, gue memutuskan buat ngekost. ya iya lah secara rumah gue dijawa barat, kampus gue di jawa tengah..oke langsung ke intinya gue pengen nulis tentang apa yang seharusnya di lakukan sebagai anak kost versi gue. di samping tulisan dlm foto di atas,..cekidottt
1. Kenal dan dekat sama temen satu kosan itu baik, bahkan wajib menurut gue, soalnya selama kita nge kost mereka yang bakal jadi keluarga kita.
2. Biasakan dan usahakan tidak meminjam barang2 pribadi teman kost kita. mulai lah untuk mempunyai barang2 pribadi sendiri, untuk di gunakan sendiri. Misalnya nih benda2 kecil kek gelas, ga tau kenapa ya gue suka heran kalo lg makan bareng2 minumnya di gelas yang sama, padahal masih banyak gelas2 yang lain yang nganggur. Begitu juga dengan benda kek gunting kuku, semua orang itu wajib punya dan ga boleh pinjem meminjamkan. Ini demi kesehatan loh..
3. Biasa kan Beli jangan minta. Ini nih yang paling sering terjadi di lingkungan kosan. Orang2 tuh kebanyakan mending minta daripada beli. Misalnya nih kek Kapas atau Cooton Bat. Nah itu kan barang2 yang di anggap kecil, tapi kadang2 kalo lagi butuh dan ga ada ribet juga kan. Atau misalnya air minum, itu kan kebutuhan pokok kita, Kalo kalian ngerasa butuh itu lebih dari sekali mending beli deh dari pada minta.
4. Bersihkan kembali barang2 milik umum. Nih misalnya abis pake panci, nah itu kan panci di pake sama orang banyak. Habis pake usahakan langsung cuci, gue suka geram kalo pas gue mau pake panci ehh pancinya kotor ga tau bekas siapa..
5. Perhitungkan hal sekecil apapun. Missal nih mau masak mie, sausnya minta, mau nyuci detergent atau pewanginya minta. Pasti males banget kan. Kita tuh sebagai anak kos harus sadar buat ga minta, tapi minjem. Dan ntarnya tuh harus di ganti. Bukan perkara soal uang kalo hal2 kecil kek gini mah, tapi perkara waktu buat belinya, kadang2 kan kita lupa buat beli brng2 kecil ini, pas mau pake malah ga ada di minta orang. Okelah kalo sekali dua kali, kalo keseringan lama2 kesel juga kan..??
6. Minjem Baju. Kalo mau pinjem baju usahakan pas kita kepepet banget aja, pas kita juga lagi butuh banget baju itu buat acara penting misalnya. Tapi harus di perhatikan jika ukuran badan kita lebih besar dari yang punya, jangan paksain buat pinjem. Sepengamatan gue biasanya yang punya akan menggerutu di belakang karna bajunya melar. Dan ingat jangan pinjem pakaian yang untuk di pakai sehari hari. Missal nih ada yang pinjem kaos putih ke gue, eh taunya itu kaos di pake tiap hari buat di kosan. Emang ga punya banget baju lain ya buat di pake di kosan??
7. Kebersihan. Ingat ya kebersihan itu penting buat kesehatan. Biasakan jangan mengotor di tempat umum. Missal gue bakal kesel banget kalo ada orang yang sembarangan buang bekas sampho di kamar mandi. Atau buang tissue seenaknya di tempat nyuci. Gue yakin semua orang juga bakal kesel.
8. Makanan. Minta makanan boleh, berbagi juga baik. Tapi kalo gue sih liat2 kalo mau minta sesuatu missal nih makanan berat si A beli soto, gue bakal liat dia itu lagi laper banget apa ngga. Gue ga tega kalo orangnya lagi laper banget dan makanannya gue mintain. Atau nih missal gue beli nasgor sosis, nah gue suka banget sama sosisnya, ehh ada yang minta malah makanin sosisnya, padahal itu sosisnya kita suka banget..jujur kadang gue sih suka mengkel juga.
Itulah sekilas tentang adab sebagai anak kosan versi gue, sebenernya malah kebanyakan ceritanya sih, tapi ga papa ya gue Cuma mau share aja..hehe….
Tulisan gue di atas mungkin terkesan gue sangat pelit, Iya memang. tapi tetep Ada batasan2 di mana gue bisa tolelir ko. Pokoknya intinya jadi anak kost itu mesti tau diri lah..sama2 ngekost sama2 jauh dari orang tua. Kalo semua orang bisa ngerti dan tau diri pasti nyaman deh ngekostnya…:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s