Tips Naik Angkot….

Pernah naik angkot atau elf (micro bus) atau transportasi umum lainnya (delman sama odong-odong ga masuk ya)?? Gue rasa si semua orang pernah naik, setidaknya gue dan temen2 gue pernah, ga tau deh kalo kalian, tapi kasian banget yang seumur idup ga pernah naik angkot, sensasi nya itu lohhh apa lagi kalo lagi penuhh..mantappp..!!!

Seringkali kita naik angkot yang salah, salah jurusan, salah naik, salah sangka, salah paham, salahh apa lagi ya..??? okey misalnya nih kita lagi buru2 ehh angkotnya malah ngetem, keburu mabokk kita. kadang kita naik angkot yang terobsesi sama penumpang, tiap gang berhenti, yang masih jalan jauh di dalam gang di tungguin, udah deket malah ga jadi naik, bikin emosi jiwa dehh. Lebih parah lagi ada angkot yang kalo bujuk penumpang mobilnya di matiin, supirnya turun, dan maksa2 penumpang buat naik, kadang nyuruh2 kita geser juga, bikin geraaaahhh…

Walaupun sekarang udah jarang banget yang naik angkot atau elf, Berikut beberapa tips dari gue, yang dari SMP ampe sekarang kuliah masih aja di jemput mobil yang supirnya gonta-ganti dan pas turun bayar (baca: angkot), semoga bermanfaat…:D

  1. Kenali angkot yang akan kalian naiki. Hal ini penting karna kalo kita ga kenal angkotnya/trayeknya bisa2 kita di tipu, misalnya nih di terminal angkot, harusnya kita naik angkot H, tapi di bujuk sama calo2 naik angkot B dan di janjikan akan di antarkan ke tujuan kita, sepengalaman gue dan pengamatan gue, emang si di anterin, tapi muter2 dulu, ampe penumpang yang trayek sebenarnya abiss, buang2 waktu kan..???
  2. Kalo di terminal, mending naik angkot yang udah mau berangkat, missal di jejeran yang udah mau berangkat, gue pernah naik angkot di terminal, asal naik aja soalnya penuh, gue pikir bentar lagi mau berangkat, bahkan disitu ada mamang2 atau mas2 yang bilang “mang buruan ya, saya mau kerumah sakit ni udah di tungguin”, gue makin yakin wah ni angkot bakal cepet berangkat, setelah nunggu lama ko ni angkot ga berangkat2 ya..ada penumpang lain yang naik si mas2 yang mau kerumah sakit malah turun, kamfrett ternyata konspirasi, itu temen2nya yang pura2 naik biar keliatan penuhh,..
  3. Yakin angkot yang kita naiki benar2 lewat tujuan kita. Kalo ga yakin angkot yang akan kita naiki benar2 lewat tujuan kita, mending Tanya dulu ke supirnya lewat tujuan kita ngga, gue pernah pas lagi di bandung, angkotnya sama, warnanya sama, tulisannya jurusannya juga sama, yang bedain Cuma tulisan kecil missal via cicaheum atau apa, dan gue nyasar….
  4. Soal ongkos, biasanya kan kalo angkot ada tariff tersendiri, missal 2500 untuk umum, 1500 untuk pelajar. Tapi kaya kasus gue nih, kosan gue kan ga terlalu jauh ke kampus, kalo jalan kaki tapinya lama, yaudah naik angkot deh. Tapi dipikir-pikir kalo bayar 2500 rugi juga cz ga jauh ini, jadi gue bayar aja 1000. Pas gue ceritain ke temen2 kampus kalo gue naik angkot Cuma byr 1000 mereka terheran2, loh ko bisa??? Gini nihh..
    1. Bayar dengan uang pas, pastikan dari rumah or kosan udah bawa uang pas, begitu juga kalo mau pulang pastikan juga punya uang pas, nuker temen dulu atau nuker warung kan bisa..kalo uangnya ga pas jangan harap bisa…
    2. Usahakan jangan naik angkot yang terlalu penuh, hal ini memungkin kan si supir angkot tidak mengenali kita naik dari mana kemana, ntar kita di sangkanya naik dari jauh tapi bayar Cuma 1000.
    3. Pas bayar jangan lakukan kontak mata, ingat jangan lakukan kontak mata dengan supir, begitu ngasih uang langsung pergi aja. Jangan Tanya kenapa pokoknya jangan lakukan kontak mata.
    4. Lihat wajah si supir, perkirakan apakah mukanya terlihat antagonis atau protagonis.
    5. Jangan pertaruhkan nama baik dan harga diri sendiri. Extrim ya…maksudnya gini nih, missal udah keliatan si supir antagonis, ga memungkinkan buat kita bayar 1000, angkotnya lagi penuh pula, dan di situ missal ada mba2 cantik (buat cowo) dan mas2 ganteng (buat cewe). Kalo ampe kejadian si supir minta lagi ongkoske kita, mau di bawa kemana muka kita..ehh mau di taro dimana muka kita..
  5. Jangan tidur kalo lagi naik angkot sendirian, maksudnya bukan sendirian dalam angkot,(ga mungkin sendiri karna da supirnya), missal lagi pergi2 sendiri, bisa2 nanti kita kebablasan kalo ada temen kan ada yang bangunin. Gue pernah waktu itu pulang sekolah, gue naik elf sama temen gue yang tujuannya sama. Tapi kita sama2 tertidur di elf, pas udah nyampe untung ada Aa2 (mas2) anak STM yang juga berhenti disitu, pas dia teriak kiri2, gue kaget dan terbangun, gue celingak-celinguk masih ga sadar, tapi gue liat keluar kayanya ini udah nyampe deh, gue turun aja padahal masih belum sadar, temen gue pun sama. Dan ternyata bener udah nyampe.. dan seketika itu si Aa anak STM jadi idola ague sama temen gue, secara langsung dia nyelamatin gue dari jalan yang tidak benar…ahah lebayy..
  6. Hati2 copet. Sering denger kan banyak copet dlm angkot, saran gue sih hati2 bawa dompet/hp jangan di taro di saku celana, hati2 juga sekarang banyak kasus hipnotis, kalo pas naik angkot terus sekiranya orang2 di sekitar mencurigakan, mending turun aja cari angkot lain yang sekiranya lebih aman. Perhatikan juga pas kita turun, pastikan kita lihat lagi bekas tempat duduk kita, takutnya ada yang ketinggalan. Kalo malem2 juga ati2 kalo dirasa ga aman mending minta jemput siapa gitu, kalo ga ada mending naik taksi langganan, bayar lebih mahal tapi aman..
  7. Perhatikan sekeliling tempat duduk kalian dalam angkot. Kalo ini Cuma berlaku buat yang penumpang angkot lagi sepi banget, atau buat anak2 sekolah yang biasanya naik angkot bareng temen2 semua. Intinyaa kenal dengan semua penumpang. Temen gue dulu pernah nemu duit goceng di bawah tempat duduk di dlm angkot, bussett jeli banget ya matanya, tapi lumayan kan. Tapi harus di ingat kalo nemu apa2 yang penting missal yang hilang dompet, HP, KTP, hilang harga diri (yang ini ngga deh kayannya) walaupun berat tapi di kembaliin ya, bayangin aja kalo kalian yang kehilangan gimana…??
  8. Harus kuat mental. Kadang2 gue naik angkot yang penuh banget, ampe kebagian duduk Cuma sebelah, pegelnya minta ampun, panas, gerah, mana ni angkot jalannya kaya siput, sabar2 aja, harus kuat mental, namanya juga naik angkot..hihi..atau ni missal kita gamau naik salah satu angkot gara2 penuh, sering supirnya atau kernetnya asal nyablak, gue pernah di bilang kalo mau yang kosong naik ambulance aja sanah..ehh buseett dalem banget tu ngomongnya, tapi tetep harus sabar dan kuat mental.

Sekian sekilas pengamatan dan pengalaman gue tentang naik angkot dan elf, semoga bermanfaat untuk kalian angkotholic….:D

NB: kalo mau tanya2 tentang angkot (kecuali trayek dan naik angkot ga bayar gue ga tau) atau mau nambahin silahkan komen ya…

Leave a Reply

